Dalam suatu proyek pembangunan tentunya akan ada banyak bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan dengan peran dan fungsi masing masing untuk bisa membentuk sebuah bangunan. Salah satu jenis bahan bangunan yang penting tersebut ialah batu bata. Batu bata ialah merupakan bahan material yang secara umum terbuat dari bahan tanah liat untuk digunakan sebagai pembuat dinding bangunan.

Seiring dengan perubahan dan perkembangan teknologi bangunan, ada salah satu alternatif bahan lain yang bisa menggantikan bata yaitu bata ringan.  Bata ringan sendiri merupakan material bahan bangunan yang dibuat dalam proses mesin, yang dikenal dengan nama lain celcon atau hebel.

Dibandingkan dengan bata merah konvensional, ada beberapa kelebihan serat kekurangan terhadap bata ringan yang perlu diperhaitkan dalam penjelasan di bawah ini, yaitu:

Kelebihan Bata Ringan

Berikut ini ada beberapa hal mengenai kelebihan dari bata ringan yang berkaitan dengan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan bata merah, diantaranya seperti :

  • Bentuk yang seragam

Nilai plus yang pertama berkaitan dengan kelebihan bata ringan ialah tekstur dari bentuknya yang lebih seragam dibandingkan dengan bata merah.

Bata ringan dibuat dengan menggunakan proses pabrikasi sehingga bentuk dan ukurannya bisa dipastikan seragam dibandingkan dengan bata merah, sehingga saat akan digunakan tentu dinding yang dihasilkan akan terlihat lebih rapi. Dengan bentuk yang sanagt seragam, penyimpanan dari bata ringan ini juga tentu lebih mudah terutama saat dalam menatanya.

  • Hemat Bahan Perekat

Bata ringan memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan bata merah, namun bisa dikatakan lebih hemat bahan perekat untuk mengabungkan bata ringan satu dengan lainnya saat dalam proses pembuatan dinding. Untuk bata ringan hanya membutuhkan sedikit perekat dan tidak perlu sangat tebal seperti saat dalam pemasangan bata merah.

  • Bebannya Lebih Ringan

Seperti pada namanya, hal positif lain yang kaitannya dengan kelebihan bata ringan yaitu bebanya yang lebih ringan dibandingkan dengan menggunakan bata merah.

Dengan beban yang lebih ringan maka pemindahan dan pengangkutan bata tersebut akan lebih sangat mudah dibandingkan dengan bata merah. Untuk ukurannya pun bata ringan juga lebih besar dibandingkan dengan bata merah.

  • Lebih Kuat Tekanan

Meskipun bebannya yang ringan, ternyata bata ringan memiliki kekuatan yang lebih bagus dibandingkan dengan bata merah. Dengan ketahanan terhadap tekanan yang lebih kuat maka bata ringan bisa lebih tahan akan gempa dibandingkan dengan bata merah.

  • Kelebihan Lainnya

Beberapa nilai positif lain berkaitan dengan kelebihan bata ringan selain yang sudah disebutkan diatas diantaranya yaitu seperti kebutuhan waktu pengerjaan yang lebih cepat karena bata ringan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan bata merah, struktur kedap air dan kedap suara sehingga kemungkinan akan rembesan air kecil terjadinya.

Kekurangan Bata Ringan

Selain dari nilai positif yang telah disebutkan diatas dalam kaitannya dengan kelebihan dan kekurangan bata ringan, ternyata ada kelemahannya juga yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih menggunakan bata ringan dibandingkan dengan bata merah diantaranya seperti :

  • Perlu keahlian khusus dalam memasangnya supaya terlihat lebih rapi dan tidak semua para tukang bangunan sudah familiar dengan bata ringan tersebut.
  • Dengan ukuran yang besar terkadang suka menyisakan banyak bahan untuk tempat yang memang tidak membutuhkannya, sehingga terkadang masih perlu juga dikombinasikan dengan bata merah.
  • Jenis perekat yang dibutuhkan berbeda serta memiliki nominal harga lebih mahal dibandingkan dengan semen biasa dalam penggunaannya untuk bata merah.
  • Kelemahan lainnya berkaitan dengan kekurangan bata ringan ialah harganya yang relatif lebih mahal dan pastinya tidak semua toko bangunan mempunyai bahan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan yang mengenai dengan kelebihan dan kekurangan bata ringan dibandingkan dengan bata merah, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan apakah akan menggunaan bata ringan atau bata merah dalam proyek suatu pembangunan.